resep mencegah stress di kantor

di kantor, adanya dinamika pekerjaan, kinerja dengan tuntutan pencapaian yang tinggi ternyata bisa memicu stress. nah, agar stress tidak sampai menyerang kita, berikut resep yang mungkin bisa dengan mudah mencegah stress mendera kita di kantor :

- manage waktu kerja dengan baik
tidak semua waktu kita di kantor digunakan untuk bekerja dan bekerja. ada juga waktu kapan istirahat dan bersantai. waktu bekerja pun kita bisa atur waktunya. kapan waktu yang tepat untuk bekerja yang berat, kapan mengerjakan pekerjaan yang ringan. dengan manage waktu dengan baik, pikiran kita tidak terbebani oleh pekerjaan.

- play your music favorit
mendengarkan musik sambil bekerja ternyata asyik juga. bagi sebagian orang, musik sering dijadikan “obat” yang ampuh untuk menghilangkan stress. bekerja sambil mendengarkan musik, bisa membuat pikiran kita relaks. dan hal tersebut bisa menjauhkan kita dari gangguan stress saat bekerja.

- gaul di tempat kerja
gunakan waktu pas rehat kerja, mungkin pas waktu makan siang dengan berkumpul dengan rekan sekantor, ajak berbagi cerita tentang hal-hal yang ringan saja. bisa juga saling bercanda dengan humor segar yang bisa membuat kita tertawa. memanfaatkan waktu rehat seperti itu terbukti cukup jitu merefresh pikiran sehingga ketika balik ke kantor untuk kerja kembali pikiran kita dalam kondisi segar dan penuh energi positip

- lakukan senam ringan
kebanyakan duduk dan berpikir bisa menyebabkan tubuh kelelahan. saat mulai merasa lelah, lakukan setiap setengah jam sekali peregangan otot dengan cara menggerakkan kedua tangan atau menggerakkan kepala ke kiri atau ke kanan. usahakan juga untuk keluar ruangan sewaktu-waktu untuk menghirup udara segar

-  tunaikan shalat tepat waktu
ketika adzan zuhur berkumandang sebagai tanda memanggil orang-orang untuk mendirikan sholat. stop dulu bekerja, bergegaslah mendirikan sholat. cari mushola atau mesjid terdekat. setelah mendirikan sholat dijamin pikiran kita jadi lebih segar dan jernih, selain itu shalat membuat energi dan semangat kita seperti baru di change. stress pun jauh dari kita.

- optimalkan waktu libur week end atau libur lainnya

memanfaatkan libur akhir pekan seoptimal mungkin dengan melakukan aktivitas yang tidak berkaitan sama sekali dengan pekerjaan kantor seperti outbond, memasak, berkebun, atau rekreasi ke tempat-tempat objek wisata merupakan cara yang cukup ampuh melenyapkan segala beban pekerjaan kantor.

0 komentar:

Posting Komentar