resep ampuh bagaimana menggali potensi diri

setiap manusia yang diciptakan tuhan pasti memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. namun, kebanyakan dari kita, sampai saat ini ada yang belum menyadari potensi yang bersemayam dalam diri. seandainya kita tahu dan bisa memanfaatkan potensi tersebut secara optimal dan maksimal akan menjadi penunjang utama kesuksesan hidup kita. nah, resep ampuh berikut ini layak dicoba untuk menggali bagaimana ”keadaan” potensi diri kita sendiri. ini dia resep ampuhnya :

kenali diri sendiri
coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.

buat tujuan dan target
hidup tanpa tujuan seperti orang berjalan tanpa arah. tak tahu arah kemana yang dituju. membuat tujuan dan target merupakan sarana kita mengarahkan potensi diri ke arah yang lebih baik. buat tujuan dan target hidup tersebut secara realistis. artinya sesuai dengan kemampuan dan kompetensi diri kita. menentukan tujuan yang ”setinggi langit” boleh saja namun dengan catatan juga didukung oleh semangat yang kuat untuk mencapainya.

buat motivasi
kita pasti memiliki motivasi sendiri-sendiri dalam mencapai tujuan hidup. rumuskan ulang motivasi hidup kita.  hal apa saja yang dapat kita jadikan ”bahan bakar” untuk mengobarkan semangat kita dalam mencapai tujuan dan target yang telah kita buat. dengan adanya motivasi akan menjadikan kita tidak mudah menyerah dalam melangkah mewujudkan tujuan dan target hidup.

stop negative thinking
hapus dalam otak kita pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah kita mencapai tujuan. jika kita mendapatkan hambatan, halangan, stop menyalahkan orang lain. lakukan evaluasi dan koreksi diri,mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. kemudian hadapi tantangan dan halangan tersebut jika kita telah menemukan jalan yang tepat.

stop menghakimi diri sendiri
kita adalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan khilaf. apabila kita melakukan kesalahan, jangan menyesalinya secara mendalam dan serta merta menghakimi diri secara membabi buta. percuma saja dan hanya membuang energi menyalahkan diri sendiri. lebih baik bangkit dan tatap masa depan. jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk menjadi lebih baik

1 komentar:

Jiah Al Jafara mengatakan...

wiw~
dicatet nih :D

Posting Komentar